Googgle Translate

Rabu, 17 November 2010

Bagaimana Membuat Motion Blur dalam Fotografi

Menangkap gerakan dalam sebua gambar identik dengan pemikiran orang tentang olahraga atau apa-apa saja yang bergerak cepat. Namun sebenarnya tidak semuanya seperti yang demikian itu.
ada beberapa tips yang biasanya digunakan untuk mengasilkan foto yang seolah-olah menggambarkan kejadian yang bergerak dengan cepat, biasanya di sebut dengan moving dan panning.
kita akan bahas beberapa tips disini untuk menghasilkan foto dengan effek bergerak/motion (panning/moving).

1. Turunkan  Shutter Speed Anda 
Alasan untuk gerakan blur adalah bahwa jumlah waktu yang rana kamera terbuka cukup panjang untuk memungkinkan sensor gambar kamera Anda untuk 'melihat' gerakan subjek Anda.Jadi nomor satu ujung dalam menangkap gerakan di gambar adalah untuk memilih kecepatan rana lebih lama.Jika kecepatan rana Anda dengan cepat (misalnya 1/4000th dari satu detik) itu tidak akan melihat gerakan banyak (kecuali obyek bergerak cepat besar) sedangkan jika Anda memilih kecepatan rana lebih lama (misalnya 5 detik), anda tidak perlu subjek Anda untuk bergerak sangat banyak sekali sebelum Anda mulai melihat kabur.
Berapa lamakah pengaturan kecepatan rana Anda?
Tentu saja kecepatan Objek adalah hal yang menentukan. seekor siput yang bergerak dan sebuah mobil balap yang bergerak akan memberikan hasil yang sangat berbeda pada kecepatan rana yang sama.
faktor lain adalah banyaknya cahaya yang ada pada saat akan melakukan dan membuat foto Panning/Moving tersebut
jadi berapa lama anda harus membuka rana kamera anda ...? jawabannya adalah "subjektif" tidak ada kamus baku dalam hal ini.


2. Hindari Getaran.
tangan yang kokoh diperlukan agar  agar hasil foto tidak terlihat getar (shake) apalagi yang di foto adalah objek bergerak dengan rana yang lambat, kemungkinan untuk shake sangat besar, namun ini bisa di siasati dengan dengan menggunakan Tripod.

3. Gunakan mode Manual atau Priority
Karena dua Mode ini kita bebas berkresi dengan shutter speed ( lamanya jendela rana membuka dn menangkap suatu objek )
selajutnya tinggallah praktek dan terus mencoba karena untu mengahsilkan foto dengan efek motion memang sangat di utamakan latihan dan tidak bosan untuk selalu mencoba
selamat berkarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Always In Demand, Become A High Paying Industrial Product Photographer. We’ll Show You What Equipme

Powerful Landscape Photography.

Discover The Secrets Getting Your Landscape Photos Looking Like Professional Magazine Quality Photographs. Click Here!